Kesbangpol Bolmong Gelar Sosialisasi Peraturan BPK RI No – 2 Tahun 2015

Kesbangpol Bolmong Gelar Sosialisasi Peraturan BPK RI No – 2 Tahun 2015

BOLMONGPOST.COM, BOLMONG –  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Pemkab Bolmong), melalui Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol), telah melaksanakan Sosialisasi dihadapan para pengurus Partai Politik di Wilayah Bolmong pada 15/09/2016 siang tadi.

Sosialisasi tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut atas Sosialisasi  sebelumnya yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Provinsi Sulawesi Utara.

“Sosialisasi ini tindak lanjut atas sosialisasi yang disampaikan oleh BPK RI pada beberapa waktu lalu,  kepada seluruh Kesbangpol se Provinsi Sulut,” ujar Kaban Kesbangpol Dondo Mokoginta.

Lebih lanjut Mokoginta menerangkan pada sejumlah media bahwa, “ Sosialisasi ini penting dilaksanakan, terkait dengan Peraturan BPK RI No 02 Tahun 2015, Tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bantuan Keuangan Partai Politik,” ucap Dondo.

Bahkan Menurut Dondo menegaskan,  agar para Pengurus Partai penerima bantuan, sudah harus memasukan LPJ untuk tahun 2016 pada akhir bulan januari 2017.

“Selambat-lambatnya satu bulan akhir Januari, sudah harus memasukan LPJ, ini dimaksudkan agar pihak BPK RI sebelum mengeluarkan hasil LHP tahun 2016, maka LPJ semua Partai Politik sudah berada ditangan BPK RI. Jika Pihak Partai Politik tidak memasukan LPJ maka tidak bisa ada pencairan Dana bantuan partai Politik,  namun bila sudah memasukan LPJ maka proses pencairan bisa dilakukan.”tambahnya

Dalam sosialisasi itu pula, dirangkaikan dengan penyampaian materi tentang Budaya Masyarakat Bolaang Mongondow dalam Berdemokrasi.

turut hadir dalam pelaksanaan tersebut, Peserta Sosialisasi sendiri terdiri dari Pengurus Partai Politik Bolmong yang memperoleh Kursi di DPRD, yakni para Sekertaris dan Bendahara Partai, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Tokoh Agama.

Sementara pemateri dari Unsur Pemerintah Daerah, yakni Kesbangpol, Akademisi DR Ir Ridwan Lasabuda Msi, Dari Budayawan Chairun Mokoginta SE, dan Unsur KPU Bolmong. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts