XBanner Kanan

Infokom Kotamobagu Batal Tempati Eks Rudis Bupati Bolmong

Infokom Kotamobagu Batal Tempati Eks Rudis Bupati Bolmong

KOTAMOBAGU,BOLMONGPOST.COM– Dinas Informasi Dan Komunikasi (Infokom) kota kotamobagu batal menempati gedung eks rumah dinas (Rudis) Bupati Bolaang Mongondow, yang terletak bukit Ilongkow kelurahan Kotobangon  Kota kotamobagu. Hal tersebut sebagimana disampaiakan oleh kepala dinas Infokom Moh. Agung Adati kepada sejumlah awak media beberapa waktu lalu.

” Kami batal menggunakan eks rudis itu karena biaya pemasangan Fiber Optic ( FO ) sangat mahal, sementara itu belum dianggarkan “ ungkapnya.

Jadi,Infokom akan menggunakan eks Kantor DPRD Kotamobagu ,mengingat network FO kesejumlah SKPD sudah terpasang,meski sebagian masih menggunakan transmisi radio karena belum dilalui jaringan FO,ujar Adati.

Perlu diketahui, Fiber Optic ( FO ) adalah media transmisi yang terbuat dari serat kaca dan plastik yang menggunakan bias cahaya dalam mentransmisikan data. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena mempunyai spectrum yang sangat sempit. Media transmisi FO sudah menggantikan eranya media Copper (tembaga) dengan alasan bahwa FO memiliki kelebihan, yaitu, informasi ditransmisikan dengan kapasitas bandwidth yang tinggi, karena murni terbuat dari kaca dan plastik. Maka signal tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekwensi radio.

Sementara media tembaga dapat dipengaruhi oleh interferensi gelombang elektromagnetik dan media wireless dipengaruhi oleh frekwensi radio. Dengan kelebihan yang dimiliki ini maka FO sudah banyak digunakan sebagai tulang punggung ( backbone ) jaringan telekomunikasi. Tambah Agung. (*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Related posts