Tahun Depan Aset Desa Masuk ke Simda

Tahun Depan Aset Desa Masuk ke Simda

BOLMONG POST, BOROKO – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) memastikan kesiapannya untuk menerapkan pengelolaan asset desa lewat system informasi manajemen daerah (Simda) dimasing-masing desa.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut, Fadli Usup. “Ya, tahun 2018, Kabupaten Bolmut akan menerapkan simda aset disetiap desa”, ujarnya, kemarin.

Dia menjelaskan, program ini merupakan amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, untuk itu, atas persetujuan pimpinan daerah dalam hal in Bupati, maka pihak dinas terkait (DPMD) akan menefektifkan program ini mulai 1 januari 2018 mendatang. Fadli menambahkan, untuk mematangkan persiapan program tersebut, maka pihaknya telah mengutus dua aparatur sipil negara (ASN) untuk mengikuti rapat evaluasi pelaksanaan, pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi, pada akhir pekan lalu.

Diutusnya kedua ASN tersebut, lanjut Fadly, dimaksudkan agar jika program ini akan diefektifkan, maka pihak Pemkab bisa memberikan pelatihan kepada aparat desa dalam mengelola Simda Aset desa. “Untuk aparatur yang nanti akan diberi tanggungjawab pengelolaan adalah para kepala urusan (kaur), terlebih khusus kaur Umum karena berurusan langsung dengan asset desa,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa upaya ini mendapat dukungan dari Diten bina pemerintahan desa, kementerian dalam negeri, karena diketahui, se-provinsi Sulawesi utara, baru kabupaten Bolmut yang menunjukkan kesiapannya dalam penerapan simda asset desa.(Wahyu)

Tahun Depan Aset Desa Masuk ke Simda

Komentar Facebook

Komentar

Related posts