Terima Gelar Bogani In Totabuan Kapolda Sulut Siap Dukung PBMR

Terima Gelar Bogani In Totabuan Kapolda Sulut Siap Dukung PBMR

BOLMONGPOST.COM, BOLMONG – Prosesi penyerahan gelar adat Bogani In Totabuan, oleh dewan pemangku adat Bolmong, Amabom kepada Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, berlangsung sukses. Nuansa adat Mongondow kental terlihat
dari pakaian adat yang dikenakan para itoi guhangan, maupun kolano, yang hadir dalam acara yang dilangsungkan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bolmong, Kamis (28/4) siang tadi.

Kapolda yang didampingi istrinya yang menggunakan pakian adat, menerima gelar adat, melalui mahkota atau dalam bahasa adat Bolaang Mongondow dinamakan Torokisikayu yang dipakaikan oleh Ketua Amabom Hi ZA Jemmy Lantong, juga menerima pedang adat atau dalam bahasa adat adalah pitou simala, dan dipakaikan salempang atau dalam bahasa adat adalah kibinandangan.

“Pemberian gelar adat ini juga sudah dibahas dalam rapat bersama 17 Dewan Adat Amabom se Bolmong Raya. 17 dewan adat sudah dua kali melakukan sidang dan hasilnya semua bulat menyetujui pemberian gelar adat. Yakni, karena Pak Kapolda telah memberikan rasa aman kepada masyarakat di Sulut, khususnya di BMR, dalam hal penanganan Kamtibmas dan penanganan paham radikalisme yang hampir tidak tumbuh di Sulut,” kata Lantong.

Sementara, Kapolda Brigjen Pol Wilmar Marpaung, berjanji akan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai Bogani In Totabuan, di wilayah Bolmong Raya.

“Ini adalah satu kehormatan yg sangat luar biasa bagi saya, yakni sebagai ksatria dan pemberani di tanah totabuan. Saya adalah bagian dari warga Bolmomg Raya, saya juga memohon bantuan dan dukungan untuk bahu membahu dan bersinergi mewujudkan suasana aman dan damai di sulawesi utara,” ujarnya.

Selain itu juga jenderal bintang satu itu menambahkan bahwa, dirinya siap mendukung pemerkaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya yang saat ini sedang di perjuangkan oleh pemerintah dan masyarakat se Bolaang Mongondow Raya.

“Selaku Bogani In Totabuan Saya berjanji akan mendukung pemekaran provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR), saya akan mencoba melakukan lobi lobi sehingga PBMR cepat terealisasi” tutup Marpaung.

Sementara itu Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Hi. Salihi B Mokopdongan SH, menyampaikan kunjungan kali ini  sangatlah berharga bagi kami, karena silaturahmi  dan kebersamaan antara pemerintah provinsi sulawesi utara, polda sulut serta polres Bolmong dengan pemerintah dan masyarakat kabupaten senantiasa terpelihara dengan baik.

” Kami sangat merasa terhormat atas kunjungan Kapolda Sulut kali ini, apalagi Kapolda Sulut saat ini sudah menjabat sebagai Bogani In Totabuan, tentunya lewat kegiatan ini kami selaku pemerintah sangat merasa terhormat karena silaturahmi ini senantiasa menjaga hubungan yang baik antar pemerintah provinsi, polda sulut dan polres Bolmong dengan pemerintah daerah kabupaten Bolmong, apalagi kapolda selaku Bogani In Totabuan Berjanji akan bersama sama dengan masyarakat serta pemerintah untuk mengawal terwujudnya provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR) yang saat ini selalu kita nantikan” Ucap Mokodongan. (Sandy)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts