Kawal Aspirasi Rakyat, DPRD Bolmong Sambangi Kemendes PDTT

Kawal Aspirasi Rakyat, DPRD Bolmong Sambangi Kemendes PDTT

BOLMONG POST – Kawal aspirasi rakyat terkait ganti rugi lahan di tiga desa yang ada di kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong, melalui komisi I dan ketua DPRD Bolmong Welti Komaling sambangi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kunker DPRD Bolmong tersebut sebagai tindaklanjut aspirasi warga terkait ganti rugi lahan di tiga desa yang ada di wilayah Kecamatan Dumoga Utara. “kunjungan DPRD Bolmong di Kemendes PDTT tersebut guna  menindaklanjuti surat kesepakatan antara Bupati dan dua dirjen,” ujar Komaling.

Karena sejauh ini sudah disepakati upaya dari Pemkab Bolmong untuk melakukan peninjauan kembali (PK) atas putusan Mahkama Agung tersebut. “Kami mendorong agar Pemkab Bolmong untuk melakukan upaya PK. Upaya PK ini belum dilakukan. Bagi DPRD sangat mendukung Pemkab Bolmong untuk membayar ganti rugi lahan ditiga desa karena sudah memiliki kekuatan hukum,” tutur Komaling.

Lanjutnya, tiga desa itu diantaranya Desa Mopugad, Desa Tumokang, dan desa Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara. Ia menjelaskan, jika hal ini tidak dibayarkan oleh Pemkab Bolmong maka pengadilan bisa mengeksekusi. “Bila ini terjadi tentu akan berdampak sosial sangat besar dan akan ada konflik yang bisa saja terjadi,” terangnya.

Asisten 1 Pemkab Bolmong Deker Rompas, mengatakan Pemkab Bolmong dalam proses ada upaya untuk melakukan PK terhadap putusan MA. “Memang arahan BPK RI, Pemkab Bolmong perlu ada upaya maksimal dalam melakukan PK,” terang Rompas.

Ganti rugi lahan yang harus dibayarkan pemerintah yakni sebesar Rp 52 milyar lebih, dengan jumlah pemilik lahan ditiga desa itu sebanyak 1.114 kepala keluarga, dengan luas lahan 1.490,5 hektar. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts