BPMD Bolmong Gelar Temu Karya Tentang Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa

BPMD Bolmong Gelar Temu Karya Tentang  Peningkatan Kapasitas Aparatur  Pemerintah Desa
BOLMONGPOST.COM, BOLMONG – Kepala Bagian (Kabag) BPMD Sulawesi Utara (Sulut) Moh. Ruddy Mokoginta, membuka acara program tentang peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa di Gegung sarba guna Lolak, Kamis (19/05/2016).

kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari. Membahas, rapat koordinasi dan evaluasi Dana Desa. Sosialisasi permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan perdes. Bimtek pengelolaan keungan Desa bagi aparatur pemerinta Desa. Penguatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan pembangunan Desa.

“Ini adalah program ungulan Presiden dan Wapres. Agar semua berjalan dengan semestinya mari kita jalankan program ini dengan baik,” ujar Ruddy Mokoginta.

Ditambahkanya, untuk membangun Desa semua ada dananya, sedangkan Dandes untuk sekarang sudah ada di Pemerintah provinsi. Semua tergantung kepala desa dan camat agar bisa dicairkan dengan cepat. “Masyarakat pastinya Ekonomi mereka meningkat untuk itu Dana semoga cepat dicairkan,” katanya lagi.

Dirinya juga menghimbau kepada setiap kepala Desa gunakan penggunaan Dandes dengan semestinya. “Kami sudah melakuakan bimtek-bimtek beberapa kali terhadap kepala desa, semoga dengan bimbingan tidak ada yang melanggar peraturan,” harap Mokoginta.

Senada dengan itu Kepala Bidang BPMD Bolaang Mongondow (Bolmong) Sunge M Paputungan BSc, mewakili pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengatakan, jika ada kepala Desa yang melanggar aturan pastinya dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Untuk pencairan Dana Desa (Dandes), setiap Desa perlu ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Karena setiap Dana yang dicairkan langsung diserahkan kepada penanggung jawab yakni BUMDes,” tegas Paputungan. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts