Selain Serap Ribuan Pekerja, Kimong Solusi Peningkatan SDM Masyarakat BMR

Selain Serap Ribuan Pekerja, Kimong Solusi Peningkatan SDM Masyarakat BMR

BOLMONG POST, LOLAK –Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), saat ini terus berupaya meningkatkan perputaran ekonomi daerah, dimana saat ini di tangan Bupati Dra Hj Yasti Supredjo Mokoagow, Pemkab sedang berupaya meningkatkan ekonomi rakyat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

Dimana dengan adanya Kimong akan banyak Investor dari luar negeri yang tertarik untuk dapat berinvestasi di tanah Totabuan. Jelas saja dengan terbentuknya Kimong turut membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan SDM lokal masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR). Oleh sebab itu perencanaan Kawasan Industri Mongondow tetap menjadi prioritas pembangunan meski di tengah masa pandemi Covid-19.

Kimong juga diproyeksikan jadi sentra ekonomi baru di Sulawesi Utara. Dengan perkiraan ada ratusan pabrik akan berdiri di kawasan tersebut,  jelas saja akan menyerap ribuan pekerja lokal. Hal tersebut pun turut disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondo Kambey, saat berkunjug di Kabupaten Bolmong saat menghadiri Musrembangnas beberapa waktu lalu.

“Perencanaan Kawasan Industri Mongondow tetap menjadi prioritas pembangunan meski di tengah masa pandemi Covid-19. Dalam Musrembang Nasional lalu kami telah mengusulkan Kimong sebagai usulan prioritas Nasional pada tahun 2021, nantinya ada berbagai pabrik di Kimong yang akan menyerap ribuan pekerja lokal,” Tutur Olly.

Keseriusan Pemkab Bolmong pun terus memuncak, dimana Bupati Bolmong terus berjuang demi kepentingan rakyat dan daerahnya  dengan menemui  Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, dan Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadiala.

” Saya harus menguraikan sedikit terkait Kawasan Industri Mongondow yang sudah MOU, saya juga sudah bertemu dengan Menteri Bappenas terkait blue book pengembangan Kimong. Selain itu saya bertemu dengan Menteri BKPM, saya minta khusus Kimong harus jalan tahun ini. Pembangunan Kimong tersebut dipastikan bakal menyerap puluhan ribu tenaga pekerja lokal yang ada di Bolmong Raya. Pekerjanya juga 95 persen tenaga kerja berasal dari wilayah Bolmong Raya, dan Itu sudah menjadi kesepakatan kami selaku pemerintah. Investasi Kimong mencapai 160 Triliun yang diperuntukan untuk pembangunan pabrik dari hulu hingga hilir. Semua tanah pertanian akan kita manfaatkan, masyarakat pun akan diberikan kemudahan fasilitas supaya bisa bercocok tanam, dan investasi ini akan menyerap 33.000 tenaga kerja yang prioritasnya putra putri Mongondow,” terang Yasti. (S)

 

 

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Related posts