XBanner Kanan

Tingkatkan Kinerja Tugas dan Fungsi Pengawasan Aleg, Sekertariat DPRD Bolmong Gelar Bimtek

Tingkatkan Kinerja Tugas dan Fungsi Pengawasan Aleg, Sekertariat DPRD Bolmong Gelar Bimtek

BOLMONG POST – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 4 (Empat) hari, Kamis (08/04/2021) hingga minggu (11/04/2021) ) sebagai bentuk peningkatan kinerja, tugas, serta fungsi pengawasan para Anggota Legislatif.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Mercure Tateli, Manado, diikuti sebanyak 25 Anggota DPRD Bolmong. Kegiatan tersebut juga melibatkan Domus Political Indonesia salah satu lembaga konsultan politik. Serta pemaparan Materi baru pengelolan keuangan yabg disampaikan Narasumber, Manarsar Panjaitan, dari BPKP Sulut dan pemaparan Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah yang disampaikan oleh Pemerintah dan Otonomi Daerah, Pemprov Sulut, Dr Jemmy S Kumendong, AP, MSI.


“LKPJ adalah laporan yang disampaikan Pemda ke DPRD yang memuat hasil urusan peminjaman laporan pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan Pe.da selama satu tahun anggaran,” kata Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulut, Dr Jemmy Kumendong AP, MSI.

Bimtek yang dilaksanakan tersebut, mengangkat tema “RPJMD, RKPD, LKPJ dan Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah”. Dan kegiatan itu dibuka oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow, Yanny R Tuuk yang didampingi Ketua DPRD, Welty Komaling, Wakil Ketua Sukron Mamonto, serta Sekretaris Dewan, Yarlis A Hatam.

Dalam krisis, Wakil Bupati Bolmong Yanni R Tuuk, menyampaikan, bimtek yang dilaksanakan untuk menambah wawasan pengetahuan, mengenai RPJMD, RKPD, LKPJ dan teknis pengelolaan keuangan.

“Kiranya dapat memberikan pemahaman dan penjelasan yang lebih rinci lagi mengenai materi Bimtek dan menambah pengetahuan individu, dalam rangka penguatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia selaku anggota DPRD.” Ucap Yanny Tuuk, Wakil Bupati Bolmong.

Demikian juga disampaikan Welty Komaling, Ketu DPRD Bolmong dalam krisisnya. Kamis (08/04/2021) menyentuh, memberikan harapan besar agar setiap materi dapat diserap dengan baik semua anggota DPRD yang ikut Bimtek.

“Tentunya kami berharap semua materi dapat dikirim oleh semua anggota untuk dijabarkan pada tugas kita.” Ucap Welty Komaling.

Bahkan dalam Bimtek tersebut juga, Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, memberikan apresiasi kepada Pemda Bolmong yang dihadiri oleh Wakil Bupati, yang telah berkenan membuka Bimtek.”Apresiasi kepada Pemda Bolmong yang di hadiri oleh Wakil Bupati Bolmong.” Pungkasnya

Begitu pun disampaikan Yarlis Hatam, Sekretaris DPRD Bolmong yang baru dilantik ini membahasakan, Bimtek yang dilaksanakan itu sangat penting bagi para Anggota DPRD, sebagai fungsi legislasi terkait dengan pesanan peraturan daerah, Fungsi Anggaran, Kewenangan dalam hal Anggaran Daerah (APBD) serta Fungsi Pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda, dan peraturan lainnya serta kebijakan Pemerintah.

“Materi yang di sampaikan dalam Bimtek ini sangat penting, mulai dari RPJMD, RKPD, LKPJ dan PP 12 Tahun 2019 pengelolaan keuangan daerah. Dalam PP ini diatur kewenangan Kepala Daerah, tugas Sekretaris Daerah, BUD hingga Kepala SKPD. Dibahas juga mengenai penyusunan APBD. ” Ujar Yarlis.

Hadir dalam Bimtek tersebut, Wakil Bupati Bolmong Yanni R Tuuk, Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua Hi Sukron Mamonto, Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulut, Dr Jemmy Kumendong, AP, MSI, Sekretaris Bappeda Provinsi Sulut, Aldrin Anis ST, MT, Drs Manarsar Panjaitan dari BPKP Sulut, serta para Anggota DPRD Bolmong, selain Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sedang dalam agenda Partai. (ADVERTORIAL)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts