XBanner Kanan

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Provinsi Sulut Ke- 59

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Provinsi Sulut Ke- 59

SULUT –Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara merayakan Hari Ulang Tahun berdirinya Provinsi.
Momentum perayaan kali ini ditandai dengan gelar Paripurna Istimewa dimana Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Vicktor Mailangkay, James Arthur Kojongian dan Billy Lombok memimpin langsung jalannya paripurna HUT ke-59 yang juga dihadiri oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw.

“Kita patut menaikan pujian syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena atas kasih dan anugrahnya kita dapat merayakan momentum berdirinya Provinsi Sulut yang ke-59. Ini semua hanya karena anugerahnya,” ungkap Silangen saat membuka rapat paripurna.

Pada paripurna yang juga dihadiri Sejumlah Jendral asal Sulawesi Utara, forkopimda, seluruh pejabat struktural dijajaran Pemerintah Provinsi, Bupati/Wali Kota, istri mantan Wakil Gubernur, Anggota Bawaslu RI, para teladan juga mereka yang berprestasi mengharumkan nama Sulawesi Utara, Ketua DPRD menguraikan kembali awal mula sejarah berdirinya Provinsi Sulawesi Utara yang tidak lepas dari peran putra-putri terbaik provinsi Sulawesi utara pejuang kemerdekaan Republik Indonesia meninggalkan cerita indah peran strategis anak daerah Minahasa, Sangihe, dan Bolaang Mongondow yang silih berganti mengisi perjuangan hingga terbentuknya bumi nyiur melambai Provinsi Sulawesi Utara berdiri sebagai daerah otonom

Lepas dari berbagai persepsi berkenan dengan fakta sejarah perjuangan rakyat semesta (Permesta) yang digagas para tokoh Minahasa mendesak pemerintah agar pemerataan pembangunan secara menyeluruh merupakan embrio lahirnya era reformasi dan otonomi daerah yang mampu dibangun dari berbagai perbedaan latar belakang. Pern para leluhur inilah yang kiranya memotifasi dan menginspirasi pemerintah dan segenap komponen masyarakat Sulut untuk melanjutkan karya pembangunan bagi peningkatan kesejahtraan masyarakat sulawesi utara dari Miangas sampai Tontulo Pinagoluman.

Perjalanan panjang sejarah pemerintahan Sulut hingga mencapai usia 59 tahun yang mengalami berbagai keberhasilan tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin sebelumnya yang didukung oleh segenap komponen masyarakat dan tercatat dengan tinta emas sejarah berdirinya Provinsi Sulut.

Bahkan tradisi mencetak prestasi dalam menjalankan roda pemerintahan dengan memajukan pembangunan diberbagai sektor terus dilanjutkan hingga saat ini lewat kepemimpinan Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondikambey dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw.Saat menyampaikan sambutan perayaan Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambei menyampaikan sinergitas yang sudah terjalin harus mampu menjadi fondasi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan, berbagai dinamika kehidupan mencerminkan semangat gotong-royong membuahkan hasil yang sangat baik bagi kemajuan pembangunan di Sulut 8 tahun terakhir menunjukan tren positif sehingga tumbuh menjadi lebih baik diatas rata-rata nasional.

”Pandemi Covid-19 mampu dilewati sehingga data BPS 2003 menunjukan banyak perbaikan termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, menjadi keberhasilan kerja bersama segenap komponen masyarakat Sulut,” kata Gubernur Olly.

Meski konflik ekonomi global masih mempengaruhi capaian target pembangunan tetapi pemerintah lebih hati-hati dan aktif menjaga kestabilan ekonomi daerah dengan terus meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan masyarakat lewat program ‘Marijo Bakobong.

”Pemberdayaan ekonomi masyarakat petani dapat bertumbuh secara merata sehingga terjadi peningkatan pendapatan petani yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah secara merata,” ungkap Gubernur Olly. Sambil menegaskan hal itulah yang juga mendorong pemerintah untuk membuka akses yang lebih besar dengan membuka penerbangan ke negara-negara tujuan ekonomi Sulut seperti Singapura, Jepang, China, dan Taiwan.

Kebersamaan dalam membangun Provinsi Sulawesi Utara harus tetap menjadi motivasi bersama dengan menjaga ketentraman dan keamanan yang selama ini tetap terpelihara berkat peran serta semua stakeholder dan masyarakat sehingga berdampak positif dengan hadirnya kurang kebih 1.300 rumah ibadah baru yang dibangun oleh masyarakat. Kiranya ini menjadi contoh membangun kerukunan di tengah perbedaan agar setiap program pemerintah akan berjalan sebagaimana yang diharapkan.

”Kami pemerintah hanya mendorong dan memberi ruang untuk mempercepat pembangunan yang ada sehingga target pembangunan yang merata diberbagai bidang dapat dicapai dengan tujuan bagi kesejahteraan masyarakat,” tegas Gubernur Olly sambil menyatakan pemerintah akan terus memciptakan peluang baru guna menjaga konsistensi berbagai kerja sama yang sudah dan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.

Paripurna istimewa dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara tahun 2023 boleh menunjukkan berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh pemerintah dimana berbagai penghargaan diberbagai bidang pembangunan juga berhasil diterima diantaranya BKN Award, Penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB), Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan kategori “sangat baik”.

Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), Penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo. meningkatkan perekonomian di daerah Sulawesi Utara, khususnya di bidang ekspor perikanan dan pertanian dalam kurun waktu 5 tahun, Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi, dengan predikat “The Best”.

Pada paripurna istimewa HUT Provinsi ke-59 ini juga dipentaskan tarian Kabela dari Daerah Bolaang Mongondow, Tari Maengket asal Minahasa, Budaya Masamper dan juga menampilkan Major Nine finalis Indonesia Go Talend.(ADVERTORIAL)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts