Pemkot Kotamobagu Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan

Pemkot Kotamobagu Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan

KOTAMOBAGU,BOLMONGPOST.COM – Pemerintah kota (Pemkot) kotamobagu, melalui Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kotamobagu telah menggelar kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kotamobagu Timur rabu (16/11).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan guna untuk memberikan informasi tentang pentingnya pencatatan sipil terhadap masyarakat, guna untuk menghindari hal- hal yang tak diinginkan. Seperti data penduduk palsu, serta Kartu penduduk ganda. Selain itu menjamin keakuratan data base tentang kependudukan secara nasional.

Sementara  menurut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs.Hi.Nasrun Gilalom,  undang-undang No.24 Thn 2013 tentang perubahan atas UU. No.23 Thn 2006 tentang administrasi kependudukan yang sejalan dengan tuntutan adanya pelayanan administrasi kependudukan yang professional memenuhi standar teknologi informative, tertib, menuju pelayanan prima yang menyeluruh untuk menghadapi perkembangan penduduk.

” Hal yang mendasar terkait dengan perubahan tersebut menyangkut dokumen kependudukan termasuk Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Akta kelahiran dan kematian, Akta perkawinan, Akta Perceraian, Akta pengakuan anak, semuanya dibebaskan dari pembiayaan/Gratis.” Kata Nasrun

Nasrun juga menambahkan bahwa, Salah satu program kependudukan adalah pelayanan bidang pencatatan sipil yang saat ini terus dilaksanakan oleh pemerintah kotamobagu yakni program e-KTP yang bertujuan mendukung pelaksanaan tata kelolah pemerintahan yang baik, peningkatan kehidupan demokrasi yang berkualitas dan menjamin hak publik dan sipil bidang administrasi kependudukan.

“ Proses perekaman e-KTP pada masyarakat yang ada di Kotamobagu boleh dikatakan cukup berhasil dan mencapai target y6ang telah ditetapkan. Maka tentunya memerlukan adanya komitmen, kemauan, kesungguhan, serta kerja keras dari kita semua, khususnya pada pemerintah dan masyarakat yang ada di tingkat kecamatan maupun di desa dan kelurahan yang ada diwilayah kotamobagu.” Ucapnya

Nasrun Mengingatkan bahwa di masa yang akan datang e-KTP bukan hanya menjadi kartu data pribadi namun lebih berfungsi sebagai kartu multi guna seperti Kesehatan, Pendidikan, Pemilu, Bisnis, Perbangkan dan pelayanan Public lainnya.(*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Related posts