Dahlan Optimis Cegah DBD di Musim Pancaroba

Dahlan Optimis Cegah DBD di Musim Pancaroba

BOLMONGPOST.COM,KOTAMOBAGU – Pemerinta Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Kesehatan,  Menghimbau agar Memasuki musim pancaroba ini masyarakat perlu mewaspadai dan mengantisipasi  penyakit Demam Berdarah (DBD), dengan melalukan Pemberantasan Sarang Nyamuk  secara 3M Plus.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu dr Nurjanah Masloman melalui Kabid Promosi Kesehatan (Promkes), Dahlan Mokodompit saat bersua dengan para awak media. Selasa (02/08/2016)

“Kami optimis Untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk, pencegahan demam berdara yang paling efektif dan efisien adalah melakukan kegiatan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus,” tegas Dahlan.

Dikatakan Dahlan,  Yang harus dilakukan  adalah 3M Plus.  M yang pertama yakni Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es.

Lanjut pada M kedua  adalah Menutup,  yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. Dan langka M terakhir adalah Mengubur barang bekas, seperti kaleng kaleng bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah,” jelas Dahlan Mokodompit

Adapun yang dimaksud dengan Plus yaitu segala bentuk kegiatan pencegahan seperti , Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur, mengunakan anti nyamuk, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk.

Selain itu dahlan menambahkan “Kalau kita sudah melalukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan metode 3M Plus, maka tidak menutup kemungkinan dan saya sangat yakin kotamobagu akan bebas dari Demam Berdarah,” tukasnya (*)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts