Mokoginta Buka Kegiatan Penelusuran Jejak Kesenian Tradisional Bolmong

Mokoginta Buka Kegiatan Penelusuran Jejak Kesenian Tradisional Bolmong

BOLMONG POST Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow Ir Taufik Mokoginta, Minggu (06/06/2021) kemarin, menghadiri sekalian membuka kegiatan penelusuran jejak kesenian daerah Bolmong, yang dilaksanakan di gedung pertemuan Bontean desa Bilalang 1, Kecamatan Bilalang.

Dalam sambutannya Mokoginta menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk merevitalisasi dan melestarikan, serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah Kabupaten Bolmong dalam rangka merevitalisasi dan melestarikan serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional ditengah kerasnya pengaruh arus globalisasi dunia saat ini,” ucap Taufik Mokoginta.

Dengan begitu, dirinya berharap para kawula muda, generasi milenial akan mengetahui dan tidak akan pernah melupakan jejak kesenian yang ada di tanah para Bogani, Bolaang Mongondow. Sebab, jika tidak di tindaklanjut, sebagai wujud perhatian akan adanya kesenian daerah Bolmong, bukan satu hal yang tidak mungkin kesenian tradisional akan mengalami kepunahan dan tidak ada jejak lagi.

“Perlu revitaslisasi dan melestarikan serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional. Kesenian tradisional kabupaten Bolmong sudah mulai ditingalkan bahkan dilupakan kaum generasi muda, jika hal ini tidak segera dilakukan maka kesenian tradisional akan mengalami kepunahan dan tidak ada jejak sama sekali.” terang Mokoginta. Turut hadir juga dalam kegaiatan tersebut, sebagai pemateri/tenaga ahli, Hairun Mokoginta, SE yang merupakan Tokoh Budaya Bolmong, serta para undangan tokoh masyarakat Passi bersatu dan Bilalang serta para pelaku kesenian tradisional Bolmong. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts