Sekda Bolmong Letakan Batu Pertama Pembangunan Corn Drying Center

Sekda Bolmong Letakan Batu Pertama Pembangunan Corn Drying Center

BOLMONG POST, LOLAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam hal ini Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, mewakili Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasty Soepredjo  Mokoagow, Senin (07/12/2020) siang tadi meresemikan serta melakukan peletakan batu pertama Corn Drying Center (CDC) yang terletak di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, kabupaten Bolmong Sulawesi Utara (Sulut). Pada kegiatan tersebut Sekda Bolmong didampingi Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Kanwil SulutGo Noldi Ramayadi, dan Kepala Bulog BMR Meidin Wongkar, serta sejumlah jajaran pejabat di lingkup Pemkab Bolmong.

Dalam sambutannya Sekda Bolmong mengungkapkan pesan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, yang mengucapkan terima kasih karena pembangunan gedung CDC merupakan impian Bupati Bolmong yang sudah direalisasikan.“Beliau berharap pembangunan gedung ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan semoga hasilnya seperti yang diharapkan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut),” tutur Tahlis.

Dikatakannya, salah satu janji Bupati Bolmong saat memasuki proses pemilihan Bupati beberapa waktu lalu adalah menjamin produksi pangan petani di Bolmong. “Bupati berani manjanjikan seperti itu, karena salah satu masalah petani di Kabupaten Bolmong adalah pascapanen, terutama yang berkaitan dengan jagung,” ujarnya.

Ia juga berharap, dengan hadirnya Gedung CDC atau pusat pengeringan dapat menjamin stabilitas harga. Agar petani di Bolmong bisa termotivasi meningkatkan produksi jagung.

“Jika melihat produksi pangan, di Kabupaten Bolmong itu sangat tinggi sekali. Akan tetapi, ada ke khawatiran masyarakat ketika produksi tinggi dan musim tidak mendukung. Sebab, di sini banyak musim hujan, banyak jagung yang rusak. kKetika jagung rusak banyak mempengaruhi harga. Dengan hadirnya Gedung CDC ini, semoga bisa mengatasi masaalah petani jagung di Bolmong,” tambah Tahlis.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Kanwil SulutGo Noldi Ramayadi mengatakan, pembangunan Gedung CDC ini tidak lain adalah program pemerintah pusat yang difasilitasi oleh Pemkab Bolmong, dengan memberikan lahan hibah kepada Perum Bulog seluas 13 hektare.

“Pembagunan gedung CDC ini diperkirakan akan rampung di tahun 2021. Untuk tahap awal akan dibangun tiga silo. Di mana satu silo bisa mengisi kapasitas 3.000 ton, jika tiga silo itu berarti dapat menampung 9.000 ribu ton,” jelasnya.

Ia meyakini kapasitas 9.000 ton dalam seminggu dapat menampung produksi jagung di Kabupaten Bolmong, bahkan dari kabupaten lain. “Dengan hadirnya gedung ini pasti bisa membangkitkan semangat peteni jagung di Bolaang Mongondow Raya,” jelasnya.

(ADVERTORIAL)

Komentar Facebook

Komentar

Related posts